An urban legend, urban myth, urban tale, or contemporary legend, is a form of modern folklore consisting of stories usually believed by their tellers to be true. As with all folklore and mythology, the designation suggests nothing about the story's truth or falsehood, but merely that it is in circulation, exhibits variation over time, and carries some significance that motivates the community in preserving and propagating it.

Tale of the Two Sisters

| Wednesday, January 19, 2011 | |
Mungkin kamu pernah denger judul film di atas, salah satu film Korea paling mengerikan yang pernah dibuat. Film itu dibuat berdasarkan sebuah urban legend berjudul Janghwa Hongryeon Jon.

Ceritanya mirip putri salju pada awalnya. Sepasang suami istri memiliki dua anak gadis cantik bernama Janghwa dan Hongryeon. Lima tahun setelah melahirkan Hongryeon, si ibu mati dan si ayah mengambil istri baru yang jelek dan kejam. Ibu tiri melahirkan tiga anak laki-laki, dan setelah itu, ia mulai menindas kedua putri tirinya.

Suatu hari si ayah menyuruh ibu tiri membuat pesta pernikahan untuk Janghwa. Ibu tiri yang tak rela mengeluarkan uang untuk Janghwa, menyuruh anaknya meletakkan tikus besar yang sudah dikuliti dan berdarah di kasur Janghwa, dan menuduh anak tirinya keguguran karena banyaknya darah dan sesosok makhluk ditemukan di kasurnya keesokan harinya (padahal tikus dikulitin, kok bisa dipercaya sih sebagai janin premature

Si ayah percaya, dan Janghwa yang ketakutan lari ke arah danau. Ibu tiri menyuruh anak sulungnya mengejar Janghwa dan mendorongnya ke kolam. Misi berhasil, namun tiba-tiba datang seekor macan yang menggigit tangan dan kaki si sulung sampai putus. Si sulung cacat selamanya. Karena kemarahan, ibu tiri menyiksa Hongryeon hingga ia memutuskan untuk menyusul kakaknya.

Sejak saat itu, di desa tersebut setiap ada pergantian kepala desa, si kepala desa selalu ditemukan mati keesokan harinya. Legenda ini berakhir ketika ada seorang kepala desa baru yang pemberani. Di malam kedatangannya ke desa, ia didatangi sepasang hantu, Janghwa dan Hongryeon yang menuntut si kepala desa membersihkan nama mereka.

Kepala desa yang bijaksana kemudian mengadili si ibu tiri dan ketiga putranya. Legenda mengatakan Janghwa dan Hongryeon bereinkarnasi ketika si ayah menikahi istri ketiganya, dan si istri melahirkan anak kembar.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive