An urban legend, urban myth, urban tale, or contemporary legend, is a form of modern folklore consisting of stories usually believed by their tellers to be true. As with all folklore and mythology, the designation suggests nothing about the story's truth or falsehood, but merely that it is in circulation, exhibits variation over time, and carries some significance that motivates the community in preserving and propagating it.

Devil Bird

| Monday, January 24, 2011 | |
Di Indo, sudah umum kalau kita mendengar cerita soal kuntilanak yang senang menculik bayi. Bagaimana dengan Negara lain?

Di desa San Jose, Filipina, ada sebuah legenda menarik mengenai hantu yang suka mengambil nyawa bayi yang belum lahir, yang mereka sebut Burung Setan – the Devil Bird.
Jika ada wanita hamil dan si Burung Setan menginginkan nyawa bayinya, ia akan menakuti si calon ibu sampai pingsan. Kemunculannya ditandai dengan angin yang keras bagaikan badai, namun pohon-pohon dan rumput di sekitar tidak akan bergoyang, justru malah diam tak bergerak. Suara kepakan sayapnya yang sangat keras konon seperti suara dua buat keset (alas kaki) besar dan tebal yang dihempaskan berbarengan.

Lalu si calon ibu akan pingsan dan dinyatakan keguguran. Kemunculan makhluk ini biasanya di saat subuh, ketika matahari belum sepenuhnya terbit.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive