An urban legend, urban myth, urban tale, or contemporary legend, is a form of modern folklore consisting of stories usually believed by their tellers to be true. As with all folklore and mythology, the designation suggests nothing about the story's truth or falsehood, but merely that it is in circulation, exhibits variation over time, and carries some significance that motivates the community in preserving and propagating it.

Kitsune

| Wednesday, January 26, 2011 | |
Kitsune adalah siluman rubah yang bisa berubah wujud. Kebanyakan legenda Jepang berkisah tentang kitsune yang menyamar menjadi wanita dan menggoda seorang pria untuk memakan jantungnya. Namun banyak juga legenda yang mengisahkan bahwa si kitsune akhirnya jatuh cinta pada pria itu dan menjadi istrinya, dan ketika sang suami menyadari istrinya adalah seekor kitsune, si istri yang malu melarikan diri dari rumah, hanya datang pada malam hari untuk tidur di samping sang suami.



Salah satu kitsune paling terkenal adalah si nine-tailed fox, kumiho, seekor kitsune berekor sembilan dengan kekuatan setara dewa. 



Kadang, kitsune juga dipercaya sebagai dewa rubah, dan konon dewa rubah ini paling suka makan inari, sejenis tahu goreng lembut. Makanya ada makanan di Jepang yang dinamai kitsune udon, yaitu mi dengan topping tahu goreng di atasnya.



Selain itu, kitsune kadang juga dipercaya sebagai salah satu pelayan atau tunggangan Inari, dewa dalam kepercayaan shinto. Patung kitsune dapat dengan mudah ditemukan di pintu masuk kuil-kuil shinto.





Di Jepang, ada suatu kondisi dinamakan kitsuketsuki atau berarti kira-kira "kesurupan roh kitsune". Di sana emang si kitsune ini sering dituduh sebagai biang kerok kesurupan, biasanya merasuki orang yang menganggu kuil kitsune atau yang suka melakukan kokkuri-san (semacam jalangkung ala Jepang).

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive