An urban legend, urban myth, urban tale, or contemporary legend, is a form of modern folklore consisting of stories usually believed by their tellers to be true. As with all folklore and mythology, the designation suggests nothing about the story's truth or falsehood, but merely that it is in circulation, exhibits variation over time, and carries some significance that motivates the community in preserving and propagating it.

Don’t Do’s in Korea!

| Wednesday, January 19, 2011 | |
Jika kamu berambut panjang dan tinggal di Korea, berhati-hatilah ketika tidur! Jangan sampai rambut kamu yang panjang itu terurai ke bawah ranjang. Karena mungkin saja hantu wanita akan datang dan menghitung rambut kamu. Urban legend ini terkenal dan lumayan dipercaya juga di sana. Katanya kalau si hantu berhasil menghitung rambut kamu sampai habis, kamu bakalan mati.

Oh ya, di Korea juga ada urban legend berbasis internet. Ceritanya, ada seorang cewek Jepang yang bunuh diri. Sebelum bunuh diri, ia menggambar potret dirinya dan menyebarkannya via e-mail. E-mail ini entah kenapa malah booming di Korea.
Katanya sih, kalau kamu ngeliat gambat itu lama-lama, kira-kira lima menit kamu memandangi matanya, gambarnya akan berubah, antara lain bibirnya jadi menyeringai dan di sekitar matanya muncul lingkaran hitam. Banyak korban melaporkan mengenai hal ini, dan mereka juga bisa merasakan kesedihan luar biasa terpancar dari gambar itu.
nih gambarnya


Korea juga punya urban legend mirip-mirip the White Lady. Namanya juga mirip, yaitu Lady in White! Katanya, cewek ini dulu dikhianati suaminya sehingga ia bunuh diri. Berdasarkan tradisi Korea, cewek ini dimakamkan dengan pakaian putih-putih. Kemudian si cewek ini bangkit untuk membalas dendam, dan dikenal sebagai Lady in White. Ia akan menggoda laki-laki yang ditemuinya di jalan dan membunuh mereka. Satu ciri khasnya adalah, Lady in White tidak pernah menangis air mata, ia hanya bisa menangis darah.

Mirip jelangkung, anak-anak di Korea suka melakukan permainan Korean Ouija Game. Menggunakan papan Ouija untuk memanggil hantu dan benda kecil semacam koin / penghapus yang dipegangi beramai-ramai. Katanya kalau agan nggak bisa mengembalikan si hantu yang sudah dipanggil, si hantu akan menghantui kamu selamanya.

Ada satu pamali di Korea. Jangan tidur dengan masih mengenakan make-up! Soalnya, katanya kalau kamu sampai tidur sebelum menghapus make-up, kamu akan didatangi sesosok hantu yang disebut gwee shin dalam mimpi, dan ketika bangun pagi wajahmu akan berubah… jadi jelek, tentunya.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive